Langsung ke konten utama

LAPORAN KEGIATAN DI PT PAL SURABAYA

LAPORAN KEGIATAN
KUNJUNGAN  “PT.PAL INDONESIA”





http://library.geographicalmedia.com/2009/173/73954.jpg







SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN PELAYARAN WIRA SAMUDERA
TAHUN PELAJARAN 2012/2013




PENDAHULUAN



  1. Latar Belakang
PT. PAL Indonesia (Persero), bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINA dan didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah mengubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas sesuai dengan akta No. 12, yang dibuat oleh Notaris Hadi Moentoro, SH.
Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.
Kemampuan rancang bangun yang menonjol dari PAL Indonesia telah memasuki pasaran internasional dan kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi PAL Indonesia telah melayari perairan di seluruh dunia.


  1. Tujuan
Adapun tujuan kunjungan ke PT. PAL Indonesia Surabaya, antara lain sebagai berikut :
  • Mengetahui managemen di PT.PAL Indonesia
  • Menambah wawasan tentang produksi kapal di PT. PAL Indonesia
  • Mengetahui macam-macam produksi yang dihasilkan PT.PAL Indonesia


ISI


  1. JENIS KEGIATAN


“ Kunjungan di PT.PAL Indonesia ”


  1. TEMPAT DAN WAKTU


Kunjungan dilaksanakan di PT. PAL Indonesia, Surabaya. Kunjungan ini dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2013.


  1. PELAKSANAAN  KEGIATAN


Pelaksanaan kegiatan kunjungan ke PT. PAL Indonesia, Surabaya dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2013, berangkat dari kampus pada tanggal 31 Juni 2013  pukul 19.00 WIB dengan menggunakan 2 bus Pariwisata dan sampai di PT. PAL Indonesia, Surabaya  sekitar pukul 08.00 WIB kemudian langsung diterima oleh pihak PT. PAL Indonesia.


  1. PESERTA KEGIATAN


Peserta kegiatan kunjungan kapal di PT.PAL Indonesia adalah semua taruna/taruni tingkat 1 SMK Pelayaran Wira Samudera yang berjumlah 96 taruna/taruni. Dan didampingi oleh 10 Dosen.
  1. HASIL KEGIATAN


Kunjungan ke PT. PAL sangat menarik, karena sesuai dengan tujuan kunjungan lapangan ini yaitu untuk mengetahui manajeman pelayanan yang diterapkan di PT. PAL tersebut sehingga bisa mendapatkan Penghargaan di bidang Pelayanan Publik. Pihak PT. PAL  menjelaskan secara lengkap tentang manajemen pelayanan PT. PAL Indonesia antara lain:





PT PAL INDONESIA (PERSERO), bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINE ESTABLISHMENT (ME) dan diresmikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan merubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah merubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas sesuai dengan akta No 12 yang dibuat oleh Notaris Hadi Moentoro, SH

Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan
Spesifikasi tertenti berdasarkan pesanan.

Kemampuan rancang bangun yang menonjol dari PT PAL INDONESIA (Persero) telah memasuki pasaran internasional dan kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi PT PAL INDONESIA (Persero) telah melayari perairan di seluruh dunia.


Sebagai galangan kapal dengan pengalaman lebih dari dua dasawarsa, PT PAL INDONESIA (PERSERO) memiliki beragam produk-produk berkualitas seperti dijabarkan di bawah:
PRODUK KAPAL NIAGA

Pengembangan produk kapal niaga diarahkan pada pasar internasional, pengembangan model-model industri pelayaran nasional dan pelayaran perintis bagi penumpang dan barang (cargo). Kapasitas produksi per tahun saat ini mencapai 3 unit kapal dengan ukuran 50,000 DWT dan 2
Unit kapal dengan ukuran 20.000 DWT per tahun.

Pada saat ini PT PAL INDONESIA (PERSERO) telah menguasai teknologi produksi untuk kapal-kapal seperti Kapal Bulker sampai dengan 50.000 DWT, kapal container sampai dengan 1.600 TEUS, kapal tanker sampai dengan 30,000 DWT, kapal penumpang sampai dengan 500 PAX. Sementara itu produk yang telah dikembangkan antara lain kapal container sampai dengan 2.600 TEUS, kapal Chemical Tanker sampai dengan 30,000 DWT, kapal LPG Carrier sampai dengan 5.500 DWT.

PRODUK KAPAL CEPAT KAPAL KHUSUS

Saat ini PT. PAL INDONESIA (PERSERO) tengah mengembangkan produk-produk yang akan dipasarkan di dalam negeri, terutama untuk memenuhi kebutuhan badan-badan pemerintah pusat seperti Departemen Pertahanan, Kepolisian Rl, Departemen Kelautan, Departemen Keuangan/Direktorat Jenderal Bea & Cukai serta Otonomi Daerah maupun swasta





Produk yang telah dikuasai antara lain:
  • Kapal Landing Platform Dock 125 M
  • Kapal Patroli Cepat Lambung Baja klas 57 m
  • Kapal Patroli Cepat/ Kapal Khusus Lambung Aluminium klas sampai dengan 38 m
  • Kapal Tugboat dan Anchor Handling Tug/Supply sampai dengan klas 6.000 BHP
  • Kapal Ikan sampai dengan 600 GRT
  • Kapal Ferry dan Penumpang sampai dengan 500 pax

PRODUK JASA HARKAN

Produk Jasa harkan kapal maupun non kapal meliputi jasa pemeliharaan dan perbaikan kapal tingkat depo dengan kapasitas docking 600.000 DWT per tahun.

Selain itu jasa yang disediakan adalah annual/ special survey dan overhaul bagi kapal niaga dan kapal perang, pemeliharaan dan perbaikan elektronika dan senjata serta overhaul kapal selam. Peluang pasar untuk kategori pelayanan jasa seperti ini berasal dari TNI - AL, swasta, pemerintah serta kapal-kapal yang singgah dan berlabuh di Surabaya, dengan jumlah yang mencapai 6.800 kapal per tahun.
REKAYASA UMUM

Pada saat ini PT PAL INDONESIA (PERSERO) telah menguasai teknologi produksi komponen pendukung industri pembangkit tenaga listrik seperti Boiler dan Balance of Point. Kemampuan ini akan terus ditingkatkan sampai pada taraf kemampuan modular dan EPC bagi industri pembangkit tenaga listrik skala kecil menengah sampai dengan 50 Mega Watt.

Saat ini PT PAL INDONESIA (PERSERO) telah menguasai produk Rekayasa Umum seperti Steam Turbine Assembly sampai dengan 600 MW, Komponen Balance of Plant dan Boiler sampai dengan 600 MW, Compressor Module 40 MW, Barge Mounted Power Plant 30 MW, Pressure Vessels dan Heat Exchangers, Generator Stator Frame s.d 600 MW. Sementara itu produk rekayasa umum yang sedang dikembangkan adalah Steam Turbine Power Plant, Jacket's structure sampai dengan 1000 ton serta Monopod dan Anjungan (Platform) sampai dengan 1000ton.



PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Sejarah telah membuktikan kemampuan insan Indonesia sebagai pelaut yang tersohor, namun untuk dapat bersaing di arena internasional yang semakin keras, PT PAL INDONESIA (Persero) menyadari bahwa sejarah dan tradisi dapat menjadi pendorong, namun pendidikan dan training bagi para karyawannya adalah mutlak untuk menghasilkan Sumber Daya manusia yang tangguh dan memiliki kemampuan tinggi. Sebagai tulang punggung perusahaan, bidang Sumber Daya Manusia mendapat perhatian yang khusus dengan beragam kegiatan yang bertujuan meningkatkan basis kompetensi dari para karyawan PT PAL INDONESIA (Persero).

Dengan jumlah karyawan mencapai 2.685 personil, PT PAL INDONESIA (Persero) menerapkan langkah-langkah strategis pengelolaan Sumber Daya Manusia yang meliputi :
  • Pemangkasan bisnis proses dengan membangun sistim informasi SDM dengan penggunaan sofware SDM yang disebut ASP
  • Penataan fungsi organisasi, dengan memisahkan fungsi-fungsi Non-core/ pendukung tidak lagi dikelola oleh perusahaan tetapi dengan cara outsourcing
  • Peningkatan kompetensi, dengan membangun standard kompetensi baik fungsional maupun structural sebagai bahan assessment
  • Restrukturisasi personil yang kompetensinya tidak bisa dikembangkan secara optimal
  • Penggunaan outsourcing
  • Mendukung peningkatan produksi disertai dengan pelatihan peningkatan keahlian seperti misalnya pengelasan

Selama kurun waktu 5 tahun terakhir ini, PT PAL INDONESIA (Persero)  telah berhasil menerapkan sistem yang dapat meningkatkan kompetensi, keahlian dan manajemen Sumber Daya manusia serta pemagangan (apprenticeship)  Kesemuanya ini menunjukkan upaya yang sungguh-sungguh dari PT PAL INDONESIA (Persero) untuk meningkatkan kemampuan inti (core competence) dari para karyawannya.
PENGEMBANGAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN 

PT PAL INDONESIA (Persero) menyadari posisinya sebagai sebuah perusahaan besar di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang majemuk dan tugasnya dalam melestarikan alam sekitarnya. Keperdulian PT PAL INDONESIA (Persero) terhadap masyarakat dan lingkungannya tersebut diwujudkan dalam berbagai kegiatan amal dan gerakan pelestarian lingkungan.



Perusahaan menerapkan standar manajemen lingkungan ISO 14001 dan memberikan bantuan untuk korban bencana alam, pendidikan (beasiswa) dan fasilitas sekolah, sarana ibadah (mushola, mesjid dan gereja), pembangunan prasarana umum, peningkatan kesehatan masyarakat dan peningkatan prestasi olahraga masyarakat.

Bentuk-bentuk kemitraan yang telah dikembangkan oleh perusahaan meliputi pemberian pinjaman lunak untuk modal kerja dan investasi kepada para pengusaha berskala kecil di wilayah Jawa Timur dan program pelatihan untuk mitra binaan. Saat ini jumlah mitra binaan mencapai 880 usaha  kecil.



PENUTUP


    1. KESIMPULAN


Kunjungan Lapangan ke PT. PAL Indonesia ini terkait dengan manajemen pelayanan, yang dapat saya simpulkan bahwa manajemen pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pihak PT. PAL Indonesia sangat baik, sehingga PT. PAL Indonesia bisa mendapatkan beberapa Penghargaan, penghargaan- pengahargaan yang di dapat ini tidak terlepas dari upaya-upaya yang dilakukan oleh PT. PAL Indonesia dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat


    1. SARAN


Kunjung Lapangan ini sangat penting dilakukan sehingga taruna/taruni bisa langsung melihat proses manajemen pelayanan dan proses produksi di samping teori yang di sampaikan di aula, tetapi dalam hal kunjung ke PT. PAL Indonesia ini masih banyak kekurang, karena jadwal kegiatan tidak bisa dilaksanakan secara maksimal, untuk itu kunjungan yang akan dilaksanakan selanjut bisa terlebih dahulu melakukan pra survey sehingga kunjungan bisa dilaksanakan secara maksimal.
   
                                    Semarang, 20 Juli 2013
                                    Ketua Panitia,



       silahkan klik di bawah ini jika ingan di download
                DOWNLOAD            


Komentar

Postingan populer dari blog ini

One Piece Episode 622 [ Subtitle Indonesia ]

Langsung aja yang mau download One Piece Episode 622 [ Subtitle Indonesia ] One Piece Episode 622 [ Subtitle Indonesia ] Type: TV Series Episodes: 622 Status : Ongoing Genre : Action, Adventure, Comedy,Fantasy, Shounen, Super Power Rating : 8.64 (  http://myanimelist.net/anime/21/One_Piece  ) Subtitle : Indonesia Credit :  OPLoverz Link Download One Piece Episode 622 [ Subtitle Indonesia ] mini : Mediafire | Tusfiles | Uploadboy | Solidfiles | Nonton Online HD : Mediafire | Tusfiles | Uploadboy | Solidfiles | Nonton Online 3gp : Mediafire | Tusfiles | Uploadboy Download/internet lelet? Sinyal bermasalah? KLIK DISINI!!!  

Latihan Soal Olah Gerak Kapal

 Prosedur darurat dan SAR (Soal-Jawab) Pendahuluan. Keadaan darurat adalah keadaan lain dari keadaan normal yg mempunyai kecenderungan atau potensi tingkat membahayakan baik bagi keselematan manusia, harta benda maupun lingkungan Jenis-jenis keadaan darurat yg dapat terjadi diatas kapal antara lain: 1. Tubrukan/Collision 2. Kebakaran/Fire 3. Kandas/Grounding 4. Kebocoran/Leaking 5. Tenggelam/Sinking 6. Orang jatuh kelaut/Man overboard 7. Pencemaran laut/Marine pollution 8. Kerusakan mesin/Engine failure Prosedur keadaan darurat adalah tata cara/pedoman kerja dalam menanggulangi suatu keadaan darurat dengan maksud untuk mencegah atau mengurangi kerugian akibat lebih lanjut/lebih besar yg ditimbulkan oleh keadaan darurat tersebut. SOAL NO. 1 Tuliskan tindakan yang harus dilakukan jika terjadi keadaaan darurat dipelabuhan sesuai dengan prosedur darurat yang ada dikapal saudara? Jawab: Tindakan-tindakan jika terjadi di pelabuhan: 1.    

Contoh PROPOSAL KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI PT.PAL

hay,, semua. sudah lama tidak muncul dikarenakan kesibukan dari saya sendiri, pada kalia saya akan memberikan contoh mengenai proposal kegiatan kunjungan industri..langsung saja ya di bawah ini contohnya.. PROPOSAL KEGIATAN KUNJUNGAN INDUSTRI PT.PAL DAN STUDY TOUR BALI         I.             LATAR BELAKANG Kunjungan industri dan Study tour merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sekolah setiap akhir tahun pelajaran termasuk juga di SMK Pelayaran Wira Samudera. Kegiatan ini diadakan untuk menambah wawasan dan pengalaman serta membiasakan siswa belajar secara langsung mengenal tempat-tempat bersejarah dengan cara berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Kunjungan industri yang akan dilaksanakan pada kesempatan kali ini merupakan kunjungan ke PT. PAL Surabaya yang kemudian di lanjutkan study tour ke Bali. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dimana siswa dapat melakukan pengamatan secara langsung terhadap lingkungan sekitar, mengadakan tanya jawab dengan pihak